Jumat, 16 Maret 2012

Mendaftarkan Blog ke Google Webmasters Tools

Kenapa blog perlu didaftarkan ke google webmaster tools? tentu saja jawabannya supaya web bisa dikenal oleh google. ok... untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah Pertama


Anda harus memiliki e-mail dari google, yaitu gmail. Email ini nantinya akan kita gunakan untuk mendaftar di webmasters tools. Silahkan anda mendaftar via mail.google.com atau lewat webmasters tools juga bisa. Bila anda sudah punya gmail. Silahkan log in saja. Klik disini untuk menuju TKP. setelah itu masuk ke ADD SITE
dan masukkan url / alamat  blog dan pilih yang Alternate methode




Langkah Kedua
Log in dengan email anda. Lalu klik add a site. Setelah muncul form verifikasi, klik show me an example. Maka akan muncul script yang nanti akan anda letakkan di homepage anda.
Contohnya seperti ini :



Perhatikan kode yang berwarna merah, itulah kode verifikasi untuk webmasters tools. Setiap site yang diverifikasi akan mendapat kode yang berbeda-beda. Untuk blogspot, silahkan letakkan kode verifikasi di edit html. Letak kode ada di bibawah kode
Untuk wordpress, silahkan anda masuk dashboard dan masuk ke perkakas/tool. Lalu scroll ke bawah, masukkan kode tersebut di google site verification.


Langkah Ketiga

Setelah anda meletakkan kode di html(untuk blogger)/tool(untuk wordpress). Silahkan balik kucing menuju webmasters tools. Dan klik tombol verify, jika halaman masih tetap halaman verifikasi, berarti masih salah. Lakukan lagi langkah-langkahnya mulai dari lagkah kedua. Jika yang muncul halaman dashboard. Berarti sudah benar. Selamat yaa!!(lebay)

Setelah terdaftar, belum lengkap dan belum sempurna bila kita tidak mensubmit sitemap blog/site kita. Sitemap adalah semacam denah dari blog anda. Sitemap ini sangat dibutuhkan oleh bot google untuk menggeranyangi blog anda. Jadi, kesimpulannya. Blog anda akan lebih mudah diindex oleh google jika sitemap sudah ter-submit di webmasters tools. Biasanya file sitemap berformat .xml.


Baiklah, “cara untuk mensubmit sitemap ke google webmasters tools” sebagai berikut :


1. Masuk ke webmasters tools. Lalu klik blog anda yang sudah terdaftar dan terverifikasi.
2. Pada Sidebar kiri. Klik site configuration, lalu pilih sitemap.
3. Jika sudah masuk halaman sitemap, klik submit a sitemap. Lalu masukkan alamat sitemap anda. Untuk wordpress formatnya begini

http://bee4dollar.wordpress.com/sitemap.xml .

http://bee4dollar.blogspot.com/atom.xml .

Jika sudah ada tanda centang berwarna hijau. Berarti sitemap anda sudah tersubmit dengan baik. oks.. selamat berjuang

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger